Tuesday, March 15, 2016

Mengapa Harus Mechanical Keyboard?

Sebelumnya, pasti para gamer dan programmer sudah mengenal yang namanya "Mechanical Keyboard". Mechanical Keyboard adalah keyboard yang keycapsnya menggunakan key switch. Berbeda dengan keyboard lainnya yang menggunakan rubberband.

Build Quality

Jika pada umumnya kita hanya melihat keyboard seperti ala kadarnya. Pada Mechanical Keyboard memberikan hal lebih kepada anda. Sebut saja lampu LED seperti yang dimiliki pada keyboard Ducky Shine, Razer Blackwidow Chroma, Steelseries Apex, Corsair K70, dan lain-lain. Yup, mereka juga memiliki aplikasi dimana kita bisa mengatur LED yang kita gunakan untuk pemberitahuan atau hanya sekedar kosmetik kelap-kelip saja. Selain itu, beberapa dari Mechanical Keyboard juga memiliki tombol Macroscopic yang bisa kita setel sesuai kebutuhan.

Lifetime

Pada dasarnya, Mechanical Keyboard memiliki lifetime 100.000.000 hingga 5.000.000.000 klik. Jumlah yang sedikit? tunggu dulu. Coba kita lihat apa saja yang saya lakukan jika menggunakan keyboard. Anggap saja kita menggunakan keyboard sekitar 1.000 klik perhari. Berarti keyboard yang saya gunakan hanya bisa bertahan 10 tahun. Tapi, tunggu dulu. Itu adalah hitungan per 1 keycaps. Wah tentu bisa lama ya. Selain itu, keycaps yang terdapat dalam Mechanical Keyboard, dapat kita ganti dengan keycaps yang lain, seperti Blue Switch, Red Switch, Green Switch, Brown, Switch, Purple Switch, dan lain-lain. Ya, tentunya hal tersebut dapat menambah umur pada keyboard kita.

Impresi Pertama Penulis

Feel yang saya rasakan ketika menggunakan Mechanical Keyboard adalah nyaman dan berisik. Yup, berisik pada tipe Blue Switch. Agak sedikit menggangu menurut saya ketika saya ingin menjadi Silent User dan semua itu berubah ketika Mechanical Keyboard menyerang. Walaupun seperti itu, Mechanical Keyboard juga nyaman ketika ditekan. Halus. Yup, itulah yang saya rasakan. Dan pertama kalinya saya mencoba fitur LEDnya. Sesuatu yang indah ketika kita bosan tentunya. Apalagi sekarang kita bisa bermain mini games seperti snake pada Keyboard tersebut.

Yup, jadi menurut saya Keyboard ini sangatlah cocok bagi anda yang kelas berat dalam menekan keybaord. Terlepas dari fitur-fitur kosmetiknya dan fitur-fitur tidak penting lainnya. Tetapi bagi kalian yang tidak suka bermain dengan bersuara mungkin ini adalah pilihan lain. Tetapi dari artikel yang saya baca baru-baru ini, Mechanical Keyboard dengan Brown Switch menawarkan ketikan yang tidak bersuara. Jadi, kesimpulan anda? Silahkan cantumkan dikomentar!

0 comments:

Post a Comment